Connect with us

Wawancara

Merry Riana; Success is Getting Younger

Published

on

FINROLL.COM,

Kisah hidup Merry Riana hingga menjadi seorang yang saat ini dikenal banyak masyarakat Indonesia memang sangat inspiratif. Untuk itu, Redaksi Frontroll merasa beruntung mendapat kesempatan mengobrol tentang kisah sukses wanita yang baru berusia 35 tahun ini. Berikut hasil percakapan redaksi bersama motivator wanita tersukses nomor satu di Asia:

FR: Anda sedang sibuk apa saja belakangan ini?
Merry : Sibuk berbicara di seminar yang pasti. Saya pribadi ingin terus memberikan inspirasi untuk semua orang di Indonesia, lewat seminar, radio, dan sebagainya. Saat ini, saya punya program di radio, yaitu Merry Riana Show di Radio Sonora. Program tersebut disiarkan di 32 kota di seluruh Indonesia dan mulai 2016 juga sudah ada program tv di Metro TV dengan judul I'm Possible. Di sanalah saya membagikan semangat "Pasti bisa" setiap hari Minggu jam 08.30. Itu sih kesibukan saya belakangan ini secara individu. Tapi sekarang juga saya sedang fokus dengan Merry Riana Learning Center, sebuah tempat pengembangan diri untuk anak-anak remaja usia 7-19 tahun, kantornya ada di Puri dan kita baru buka cabang ke dua di BSD.

FR: Buku Mimpi Sejuta Dolar sukses besar, apa sudah ada rencana untuk buku selanjutnya?
Merry : Tahun ini rencananya. Sebenarnya sudah ada beberapa di pipe line, tinggal tunggu proses editing sebelum dipublish di Gramedia. Target saya setidaknya tahun ini bisa diluncurkan 1 buku lagi. Isinya masih sama dengan buku sebelumnya, tentang kisah inspiratif. Tapi dengan format berbeda, dan lebih ditujukan kepada remaja.

FR :  Anda kan menulis buku, motivator, enterpreneur, public speaker, pernah jadi konsultan keuangan juga, sebenarnya lebih senang dengan sebutan apa?
Merry : Bagi saya, julukan itu adalah sebuah apresiasi, ada yang bilang saya sebagai motivator no.1 di Indonesia dan Asia ada juga yangg bilang saya inspirator, educator, tapi sebenarnya saya sendiri lebih ingin dikenal sebagai seorang yang bisa memberikan inspirasi bagi setiap orang, bukan hanya dari teori tapi juga dari kisah hidup nyatanya. Tapi pada dasarnya, justru hasil akhirlah yang membuat saya lebih merasa bersyukur dan senang dengan ini semua.
Misal setelah seminar ada yang datang atau email ke saya bagaimana mereka bercerita hidupnya berubah, bagimana dia jadi lebih berani menggali mimpinya. Jadi hal-hal seperti itu lah yang membuat saya jadi lebih bersyukur dan berterimakasih untuk hidup saya.

FR :  Merry Riana Learning Center ditujukan untuk muda-mudi, menurut And, pemuda Indonesia itu seperti apa?
Merry : Ada alasan kenapa saya sekarang ini lebih fokus ke anak-anak remaja. Karena pertama, saya sendiri sudah punya 2 orang anak, jadi saya juga ingin menyiapkan masa depan anak-anak saya juga. Sambil saya mengajarkan apa yang saya mau untuk anak saya mengerti, kenapa tidak sekalian saya ajarkan ilmu yang saya punya ke orang lain.Muda mudi jaman sekarang menurut saya juga sangat perlu difokuskan, karena jaman sekarang "success is getting younger". Kalau jaman dulu kan usia 40an sukses, itu sudah luar biasa, tapi sekarang lihat saja, banyak anak muda sukses dengan apa yang mereka senangi. Siapa tahu ada dari mereka yang bisa mengubah Indonesia, dan usianya bukan di 40 tahunan tapi di 20 tahunan. Justru itu, ketika anak-anak muda ini  punya kecerdasan, ide-ide kreatif, itu juga harus disertai dengan karakter yang baik. Karena kalau tidak hasilnya tak akan maksimal. Karena menurut saya sendiri, anak jaman sekarang jauh lebih pintar dan kreatif. Tapi mungkin dari segi determinasi, atau ketangguhan, mungkin banyak yang bilang lebih gigih itu anak muda jaman dahulu.


FR:  Mindset seperti apa yang harus kita tanamkan untuk menjadi orang yang sukses?
Merry : Pertama, miliki "positive self image". Kita harus punya sikap diri yang positif terhadap diri kita sendiri. Karena banyak orang mengalami kegagalan atau salah jalan karena mereka sendiri tidak merasa dirinya baik, atau cukup. Jadi menurut saya positif self image itu penting, karena Anda harus bisa menghargai diri Anda sendiri sebelum orang lain bisa menghargai diri Anda. Dan Anda harus bisa menghargai pekerjaan anda sebelum orang lain menghargai apa yang Anda kerjakan.

FR : Bagaimana cara memiliki positif self image?
Merry : Setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihan. Dan itu semua tergantung ke diri kita, kemana kita mau fokus. Nah, cara yang paling simple menurut saya adalah dengan melakukan hal yang baik, kita harus mengapresiasi diri kita sendiri. Karena kadang kebalik, giliran gagal, kita suka menyalahkan diri kita secara berlebihan; "saya bodoh, saya ga berbakat, saya ini-itu dsb". Tapi ketika kita berhasil melakukan suatu hal - contoh simple, misal kita dipuji orang, kita bilangnya apa? ah itu kebetulan, ah dibantu sama ini dan itu, ah lagi hoki aja atau lainnya. Artinya, kita jahat ke diri kita sendiri.
Jadi dari sana, perlu ditekankan bahwa apresiasi diri itu penting. Misal Anda melakukan pekerjaan dengan baik, terus ada yang memuji, jangan kemudian bilang "ah kebetulan", Tapi bilang, "iya, saya bekerja keras untuk itu". Apresiasi diri kita sendiri itu perlu.

FR : Anda kan sekarang sudah jadi Public Speaker, padahal kuliah Teknik Elektro. Dan menjadi Public Speaker bukanlah hal mudah. Bagaimana bisa mendapatkan kepercayaan diri untuk menjalankan apa yang dijalankan saat ini?
Merry : Mungkin satu hal di dalam hidup saya yang paling banyak adalah saya pelajari secara otodidak, jurusan teknik elektro, setelah lulus saya malah bisnis di bidang keuangan. Tapi semua saya pelajari secara otodidak. Public speaker juga saya pelajari secara otodidak. Harus berani salah, cuek saja, tetapi dalam hal ini, kan yang saya bagikan itu pengalaman pribadi saya. Jadi sepertinya lebih mudah untuk disampaikan karena itu terjadi dengan diri saya sendiri, tapi tentu saja semua diiringi dengan latihan.

Mungkin tips dari saya, untuk berani jadi public speaker, yang pertama itu harus punya persiapan. Mau ngomong apa, berapa lama kita akan bicara, siapa yang akan melihat kita, itu perlu diperhatikan dalam persiapan, selanjutnya latihan. Latihan kan tidak harus di depan banyak orang, di depan cermin kita bisa latihan. Selanjutnya, ya perform. Gimanapun juga, just do it.

FR : Miss Merry punya harapan khusus untuk generasi muda Indonesia?
Merry : Kita harus berani bermimpi besar apapun generasinya, tua atau muda, kita harus punya mimpi. Karena mimpi itu yang menggerakkan kita. Oleh karena itu, beranilah bermimpi besar, jangan takut, dan kita akan mendapatkan itu dengan usaha yang sungguh-sungguh.

FR: Apakah Anda sekarang sudah merasa sukses?
Merry : Pertama, saya merasa bersyukur dengan semua yang sudah terjadi dalam hidup saya dan saya bersyukur atas apa yg sudah saya capai. Tapi menurut saya, sukses itu tidak diukur dari berapa banyak materi yang kita miliki, sukses adalah berapa banyak dampak positif yang bisa kita berikan kepada orang di sekitar kita. Jadi, dalam hal ini saya berharap apa yang saya lakukan selama ini bisa mendapat tempat di hati orang banyak, sehingga ketika saya sudah tidak ada lagi di dunia ini, orang masih bisa  bilang "wah karena Miss Merry hidup saya berubah". Jadi, menurut saya, selama Tuhan masih memberikan umur untuk kita, artinya masih ada tugas yang harus kita lakukan dalam hidup kita.

Wartawan senior Finroll.com

Trending Stories