Connect with us

Ekonomi

Pajak Pembelian Emas Batangan Sampai Dengan 0,9 Persen

Published

on

FINROLL.COM, Pajak pembelian emas batangan sampai dengan 0,9 persen bagi yang tidak mempunyai NPWP , sedangkan jika anda pemilik NPWP, anda akan dikenai pajak 0,45 % .

Penerbitan bukti potongan PPh 22 baru akan diterbitkan 30 hari kerja setelah transaksi dilakukan konsumen. Corporate Secretary PT Aneka Tambang Tbk Aprilandi Hidayat Setia, menjelaskan, pengumuman ini adalah penegasan Aneka Tambang atas aturan pemerintah atas pembelian emas batangan.

"Ini aturan lama yang kami tegaskan lagi karena banyak yang bertanya-tanya (perbedaaan perlakuan pajak)," Aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 36/2017 tentang Pengenaan Pajak Penghasilan Tertentu Berupa Harta Bersih yang Diperlakukan atau Dianggap sebagai Penghasilan.

Direktur Pelayanan dan Penyuluhan (P2) Humas Direktorat Jenderal Pajak Hestu Yoga Saksama menjelaskan, aturan ini seharusnya tak jadi polemik. Aturan pajak dan penggunaan NPWP dalam penjualan emas logal mulia sudah ada sejak 2015.

"Periode 2 Oktober 2017 bukan dari DJP," tegas Hestu .Substansi tak berubah, aturan ini diperbarui melalui PMK Nomor 34/PMK.010/2017. Dalam aturan baru itu tak ada perubahan aturan terkait PPh Pasal 22 atas penjualan logam mulia oleh badan usaha.

Pasal 2 d huruf k, di aturan itu menyebutkan: atas penjualan emas batangan, badan usaha yang melakukan penjualan memungut 0,45% dari harga jual emasbatangan.

Meski begitu, Ketua Asosiasi Pengusaha emas dan Permata Indonesia (APEPI) Leo Hadi heran dengan pengumuman Antam tersebut.

Trending Stories