Connect with us

Internasional

Jack Ma : Harga Diri Serta Kehormatan Yang Dijunjung Tinggi Oleh Alibaba

Published

on

FINROLL.COM,

Jack Ma tidak dapat menghadiri undangan dari The Honour Internasional Simposium , dan ia membuatkan video youtube untuk meminta maaf , sekaligus memberikan ceramahnya mengenai kehormatan ini. Dijelaskan dalam video yang ditonton oleh 1,2 Juta orang , bahwa kehormatan sudah mendarah daging untuk orang China dimanapun mereka berada

Kumpulan sastra dari Confusius panjangnya hanya 11000 kata-kata yang hanya memakan 1 halaman dari sebuah koran, namun karya sastra ini telah mempengaruhi dan membimbing negara China selama 2000 tahun.

Sama pentingnya mengenai simposium hari ini , topik yang sama pentingnya , karena 2000 tahun kedepan dalam perkembangan umat manusiapun memerlukan pengaruh dan bimbingan. Saya percaya bahwa Singapur telah memberikan contoh negara yang berbahasa Mandarin , dan saya sepenuhnya setuju mengenai kepercayaan dari pemerintah Singapur yang dimata negara lain mengenai pentingnya dan ketabahan dalam komitmentnya terhadap "kehormatan" yang termasuk didalamnya " kehormatan , kebenaran, intergritas dan tanggung jawab".

Ketika saya akan memulai usaha , saya bertanya kepada istri saya , apakah dia lebih nyaman mempunyai suami yang kaya raya , atau suami yang mempunyai harga diri yang tinggi serta dihormati ? Dan dia menjawab tentu saya akan memilih suami yang mempunyai harga diri yang tinggi serta dihormati. Karena pada saat itu banyak orang meragukan bahwa saya akan bisa berhasil. Dulunya saya tidak terlalu menhargai para pelaku bisnis , saya percaya nilai sosial dari para pebisnis sangatlah terbatas , setelah saya bergelut dalam bisnis, saya menyadari bahwa jika anda ingin bertahan lama dalam bisnis dan mau berhasil , pertimbangan anda sehari-hari serta analisisnya harus tidak ada sangkutannya dengan uang.

Keputusan yang dibuat dan didasari oleh keuangan adalah keputusan yang tidak strategis, tetapi keputusan yang didasari tanpa memikirkan untungnya dan lebih berdasarkan nilai adalah keputusan yang strategis.

Jadi saya selalu percaya , bahwa Direktur yang baik dari masalah keuangan akan bisa menjadi Komisaris yang berhasil , karena seorang direktur keuangan akan selalu berfikiran mengenai keuangan ,orang yang mempunyai banyak uang , cara berfikirnya kurang dalam melakukan hal yang baik dalam masalah sosial .

Ketika Alibaba baru memulai usaha nya, kita berada dalam masa-masa paling sulit , semuanya juga tidak punya , tidak ada satupun yang percaya akan apa yang kami lakukan ,semua orang berkata bahwa kami gila dan menipu , namun apa yang membuat kami bisa bertahan ? Apakah itu uang ? Faktanya kami tidak punya uang , Apakah karena sumber lainnya ? tidak juga, kami tidak mempunyai sumber pendapatan lainnya. Apakah karena orang-orang kami yang bertalenta atau pintar ? Tidak , malah orang-orang tersebut meninggalkan ketika melihat situasi kami saat itu. Namun yang kami punya hanya kebijakan perusahan mengenai Harga diri! Kebijakan perusahaan yang utama adalah langganan kami , semangat dari tim serta integritas .

Jika anda melihat ke areal tersebut, akan kelihatan seperti tidak berharga sama sekali. Alibaba ketika memulai usahanya kami sangat-sangat miskin,namun kami percaya bahwa akan perkembangan internet dimasa depan nantinya ,kami mempunyai mimpi dalam menciptakan masa depan nantinya kita akan mempunyai harga diri dan kepercayaan dalam menjalakan usaha kami.

Kami mulai dengan membantu perusahaan trading diluar negeri , dan pesanan dari luar negerinya , hanya mengambil uang iuran tahunan ,namun setelah 1 tahun berlalu , pemasukan atau penjualannya tidak bisa melewati iuran tahunannya yang kami kenakan kepada mereka ,staff kami ikut bersedih dan merasakan bahwa mereka telah mengecewakan klien mereka , di penghujung tau, staff kami bertemu dan berbicara secara jujur ke mereka , e-commerce mempunyai masa depan yang cerah , tetapi hasilnya tidak bisa dalam sekejab ,mungkin anda akan belum bisa mendapat pengembaliannya tahun depan . Namun hasilnya klien kami menyemangati staff kami ,dan memerlukan waktu ekstra untuk memberikan pelatihan kepada klien kami diluarnegeri untuk bermigrasi secara on-line.

Dengan pertimbangan serta kesempatan yang diberikan ke bisnis kami , telah memberi kami keyakinan dan kepercayaan , setelah 10 tahun kemudian , mereka masih menjadi pelanggan kami di Alibaba. Setelah 10 tahun lebih membangun bisnis kami pikiran yang sangat mendalam dari saya adalah sebagai seorang pelaku bisnis , yang terpenting adalah keputusan dan menentukan takdir dari perusahaan anda dan tidak berkaitan dengan uang. Banyak orang bertanya kepada saya , Jack kenapa anda bisa melakukannya ? Saya katakan hanya faktor keberuntungan , sebenarnya kesuksesan kami karena kami membuat pilihan yang tepat. Alibaba bisa sebesar ini karena kami membuat beberapa pilihan yang sangat kritikal , pada tahun 2002 ketika Alibaba harus berjuang, karena saat ini kami sedang dalam situasi yang sangat sulit.

Tetapi kami membuat target untuk mendapatkan keuntungan USD 1 , pada saat itu jika kami tidak berhasil kami akan benar-benar jatuh , dan isue yang paling menyakitkan adalah agar bisa menjadi website bisnis dengan desain terbaik , kami harus menyogok . Jadi kami mengadakan rapat seharian di Hangzhou , kami mengerti jika kami menyogoknya kami bisa bertahan , jika tidak , kami akan mati , saya ingat hari itu sudah jam 4 subuh dan, kami putuskan bahwa kami tidak akan menyogok ,kami lebih rela perusahaan kami di tutup ,kami tidak mau berjalan tanpa intergritas ,lebih baik kami mencari pekerjaan dan terus mempertahankan intergritas kami. Dan pada tahun 2002 , karena kami mempertahankan dan menjunjung tinggi intergritas kami , kami mulai mendapatkan keuntungan , pada saat kami mendapatkan keuntungan , kami menemukan fakta bahwa , 2 orang sales kami menyumbang 60% dari keseluruhan keuntungan kami.

Kami temukan bahwa ke 2 sales ini menerima sogokan dan menyogok dari komisi yang mereka dapatkan , apa yang kami lakukan ? Jika kami memecatnya perusahaan akan kehilangan 60% keuntungan , jika tidak memberhentikan ke dua pegawai ini , efeknya apa yang kami junjung tinggi mengenai intergritas hanyalah omong kosong . Akhirnya kami putuskan untuk memberhentikan mereka.

Jangan menyogok , adalah peraturan dan kode etik tertulis untuk setiap karyawan dari Alibaba , siapapun yang melanggar akan langsung dikeluarkan , setelah Alibaba menjadi besar , sogokan malah berbalik , kami membuat peraturan baru yang melarang para karyawan untuk menerima sogokan , kami melakukan pembelian yang bernilai milyaran dalam setiap kontraknya setiap tahun , serta dalam kontraknya juga disebutkan terima kasih telah berbinis dengan kami , pegawai kami tidak diijinkan untuk menerima sogokan , dan anda juga dilarang menawarkan kami sogokan.

Jika kami dapati hal yang demikian , kami tidak akan melakukan transaksi bisnis lagi dengan anda . Dan ini semua terlulis. Saat ini pegawai Alibaba sangat dihormati di komunitas , bukan karena bisnis kami sangat besar namun sebagai hasil dari peraturan dan kode etik yang dipatuhi oleh karyawan kami. Dibanyak tempat karyawan kami sangat disambut jika ingin bergabung dengan mereka , pegawai kami tidak akan menerima tawaran tumpangan mobil maupun ditraktir makan , hadiah sekecil apapun akan mereka kembalikan. Jika tidak nilai dari pegawai tersebut akan sangat rendah , bahkan akan kena penalti. Ada suatu saat ketika saya hadir dalam latihan penjualan , saya mendengar pelatihnya mengajar cara menjual sisir ke biksu , setelah 5 menit saya sangat marah dan memberhentikannya ,karena dia menipu , biksu tidak membutuhkan sisir ,menjual barang kepada yang tidak membutuhkannya adalah penipuan.

Pilihan ke 2 Alibaba adalah Alipay , platform dari marketplace kami Taobao , sangat cepat dikenal dan sangat popular ketika kami memperkenalkannya , namun banyak yang hanya berkomunikasi secara online tanpa ada transaksi yang nyata ,dikarenakan kurangnya kepercayaan antar orang yang belum kita kenal , orang tidak bersedia untuk membayar duluan ,dan tidak ada yang mau mengirimkan barangnya terlebih dahulu , masalah terbesar untuk memecahkan masalah transaksi ini , tahun tersebut , saya mengikuti pertemuan World Economic Forum di Davos ,dengan tujuan mencarikann solusi terhadap masalah transaksi ini ,sebaliknya saya malah menemukan para pebisnis sedang mendiskusikan tanggung jawab sosial secara korporasi ,selama saya berada di Davos , Swiss , saya sadar bahwa jika kami ingin mengembangkan e-commerce di China ,kami harus lakukan sesuatu yang benar-benar bernilai ,sesuatu yang akan mempromosikan perkembangan sosial  dan sesuatu yang akan mengkreasikan nilai nyata , tanpa ini semua , kami tidak akan bisa berhasil.

Tanpa itu semua , kita tidak akan bisa membuat sesuatunya berjalan. Lambatnya perkembangan dari e-commerce di China dikarenakan karena 1 faktor atau mekanisme yang bisa memfasilitasi kepercayaan diantara orang-orang yang saling tidak mengenal satu dengan lainnya , dan saya percaya , Alipay adalah mekanisme yang bisa memecahkan permasalahan tersebut. Pada malam harinya saya menelpon teman dan kolega saya , saat ini juga mari kerjakan dan luncurkan Alipay , saya mengerti peraturan serta regulasi beserta resikonya jika membuat sistem Alipay di China, sesorang bisa masuk penjara karena sistem dari produk ini. Dan biar sy yang masuk penjara.

Faktanya , Negara China sangat menghargai kredibilitas dan intergritas , Confusius pernah berkata " Setiap hari saya merefleksikan 3 masalah" , pada jaman dahulu orang selalu merefleksikan dirinya sendiri dengan 3 masalah seharinya , 2 masalah dari 3 masalah ini berkaitan dengan ketulusan dan kejujuran , apakah saya telah mencoba sebisa saya dalam membantu orang lain ? dan apakah saya memegang perkataan saya jika berhubungan dengan teman saya ? China menghargai kredibiltas namun kurang dalam sistem kepercayaan. Jika Alipay ingin dihargai di China ,Alipay harus membangun sistem kepercayaan. Sekarang ini Alibaba sudah membangun sistem kepercayaan ini di China , users memberikan penilaiannya , Alipay memfasilitasi transaksinya ,dan semua aksi dilakukan dari platform kita adalah data ,yang memberikan bantuan mengenai kredibilitas dan peringkat kreditnya.

Hanya dengan menggunakan sistem ini maka calon pengguna bisa mengirimkan uang kepada orang yang tidak di kenal , dan barang-barang hanya dalam bentuk gambar , dan beberapa kata penjelasan . Sekarang ini kami memiliki pengunjung jutaan ke website kami , kadang-kadang ada batu berharga seperti berlian yang berharga ratusan ribu dollar di jual disana , atau mobil-mobil mewah , beberapa hari yang lalu kami menjual 100 mobil mercy dalam waktu hanya 25 detik , sebagai hasil tanpa adanya sistem kepercayaan ini ,transaksi tersebut adalah mustahil.

Apa yang membuat kami bangga adalah bukan seberapa banyak yang kami jual , namun karena sistem kepercayaan yang telah kami persiapkan atau sediakan . Kami telah buktikan kesemua orang dalam perilaku komersial betapa berharganya sebuah kepercayaan , kami membangun sebuah sistem transaksi kepercayaan ,kami pun menjadi ahli waris dari sistem itu . Sistem yang kami buat bisa menyediakan yayasan untuk Alibaba sebesar USD 500 Milyar , dalam penjualan . Kekuatan dari kehormatan sangatlah luar biasa , 30 tahun yang lalu , perkembangan China tergantung dari keuntungan jumlah populasinya dan murahnya harga tenaga kerja di China , namun China tidak harus bergantung karena mempunyai produk yang murah , namun harus bergantung ke kepercayaan dan kehormatan antar manusia .

Jika ada masalah yang belum disadari mengenai potensi manusia yang sangat signifikan , saya percaya bahwa saling percaya dan kredibilitas adalah harta kekayaan yang belum diketemukan.

Trending Stories