Connect with us

Gaya Hidup

Makan Jengkol Mematikan?

Published

on

FINROLL.COM,

Jengkol diketahui mengandung asam jengkolat (jengkolic acid) yang dapat mengendap menjadi kristal di ginjal atau saluran kencing. Hal ini bisa mengganggu fungsi ginjal dalam mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Oleh karena itu, ahli pencernaan Ari Fahrial Syam menyarankan untuk minum banyak air putih setelah makan jengkol. "Minum air putih yang banyak supaya (asam jengkolat) tidak sempat mengkristal," katanya.

Dengan banyak minum air, asam jengkolat dalam ginjal bisa keluar melalui urin dan bisa terhindar dari gagal ginjal. Selain itu dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini juga menyarankan untuk tidak menahan buang air kecil supaya racun yang ada bisa cepat keluar dari tubuh.

Sebelumnya empat orang ditemukan tewas akibat pesta minuman keras (miras) oplosan menggunakan jengkol di Cipayung, Jakarta Timur.

“Terlalu banyak mengonsumsi jengkol dapat menyebabkan keracunan asam jengkolat. Nah, saya nggak tahu kenapa oplosannya pakai jengkol,” kata Ari. “Mungkin karena dia pakai miras, kan bikin tidak sadar. Efek kejengkolan tersebut juga jadi tidak terasa.”

Trending Stories