Connect with us

Teknologi

PLN Luncurkan 16 Power Bank Raksasa

Published

on

FINROLL.COM,

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jkarta Raya secara resmi meluncurkan 16 unit Powere Bank Express Power Service.

Power bank raksasa ini dapat digunakan sebagai alternatif sumber energi listrik untuk kegiatan outdoor dan masa konstruksi, Fungsinya sama dengan genset.

"Ini peralatan untuk menyalurkan listrik yang sifatnya temporer seperti acara-acara outdoor di lapangan, konstruksi, dan sebagainya. Ini solusinya," kata Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Disjaya, Leo Basuki, Seperti dikutip Kumparan, Kamis 26/10/2017.

power bank PLN tidak beroperasi dengan sistem sewa, Pelanggan hanya perlu membeli kWh dan besar konsumsi listrik tersebut yang ditagihkan kepada pelanggan.

Leo mengungkapkan, harga listrik dari power bank sebesar mobil ini Rp 1.600/kWh, jauh lebih murah dibanding genset. 
Sebagai gambaran, genset membutuhkan solar sebagai bahan bakar. Tiap liter solar menghasilkan listrik 3 kWh. Dengan harga solar non subsidi sekitar Rp 9.000/liter, berarti harga listrik dari genset Rp 3.000/kWh. Belum lagi ongkos sewanya. 

"Genset kan pakai solar, listriknya saja sudah Rp 3.000/kWh, tidak termasuk biaya sewa. Jadi kalau dihitung-hitung, biaya power bank PLN hanya separuhnya sewa genset," paparnya. 

Pelanggan yang tertarik ingin menggunakan Power Bank Express Power Service tinggal menghubungi kontak PLN 123 atau langsung ke Kantor PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) di Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat. 

"Untuk sementara hubungi kantor PLN Disjaya," tukasnya.  

Namun, pemakaian power bank PLN ini diharapkan tidak hanya untuk acara yang berlangsung beberapa jam saja. Ada minimum payment, jadi sebaiknya power bank PLN dipakai untuk kegiatan yang berlangsung beberapa hari. 

"Ada minimum payment. Kita berharap ini tidak dipakai hanya untuk 1-2 jam saja, tapi misalnya untuk 3 hari," ujar Leo. 

16 unit Power Bank Express Power Service sementara hanya dapat dipakai di Jakarta saja. Tapi ke depan, PLN di daerah-daerah lain pun akan memiliki alat serupa sehingga tak hanya masyarakat ibu kota saja yang bisa menikmatinya. 

"Beberapa unit PLN di daerah sudah berencana melakukan hal yang sama membuat Power Bank Express Power Service," tutupnya. 

Trending Stories