Connect with us

ASURANSI

Sidang Praperadilan, Materi Permohonan Setya Novanto Sedang Dibacakan

Published

on

Photo: Istimewa

FINANCEROLL.COM, Sidang gugatan Praperadilan penetapan tersangka Setya Novanto kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (20/9).

Sidang yang dipimpin Hakim Tunggal Cepi Iskandar ini dibuka dengan memberikan waktu kepada kuasa hukum untuk membacakan materi permohonan dari pemohon yakni Novanto yang diwakili oleh kuasa hukumnya.

Adapun materi meliputi, tidak sahnya penetapan tersangka lantaran tidak memiliki bukti yang cukup, serta tidak sahnya penyidik KPK yang melakukan penyidikan lantaran masih berstatus calon pegawai KPK, lantaran belum diberhentikan secara hormat dari Kepolisian maupun dari Kejaksaan.

Disisi lain, kuasa hukum KPK yang dipimpin Kabiro Hukum, Setyadi juga akan membeberkan seluruh fakta terkait penetapan ketua DPR itu sebagai tersangka oleh KPK.

Hingga saat ini sidang masih berlangsung dengan pembacaan materi dari kuasa hukum Novanto.

Gugatan praperadilan Setya Novanto didaftarkan oleh tim advokatnya pada Senin (4/9) lalu, dengan nomor perkara 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel. Dalam permohonan yang dikutip dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jaksel, Novanto meminta PN Jaksel mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan untuk seluruhnya.

Selain itu, Novanto meminta PN Jaksel menyatakan batal/batal demi hukum dan tidak sah penetapan tersangka terhadap dirinya selaku pemohon yang dikeluarkan oleh termohon (KPK) berdasarkan surat Nomor 310/23/07/2017 tertanggal 18 Juli 2017.

Selanjutnya, memerintahkan termohon untuk menghentikan penyidikan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan No.Sprin.Dik-56/01/07/2017 tertanggal 17 Juli 2017.

Dan, memerintahkan termohon untuk mencabut penetapan pencegahan sejak putusan dalam perkara ini diucapkan dalam hal dilakukan pencekalan terhadap Setya Novanto.

Terakhir, memerintahkan termohon untuk mengeluarkan Setya Novanto dari tahanan apabila pemohon berada di dalam tahanan sejak putusan dalam perkara ini diucapkan. Serta menyatakan batal dan tidak sah segala penetapan yang dikeluarkan oleh termohon terhadap Setya Novanto. [RMOL]

Dia adalah jurnaslis senior khusus di bidang polhukam dan ekonomi

Trending Business