Connect with us

PERBANKAN

Bank Jepang Bakal Caplok 40 Persen Saham Danamon Rp24 Triliun

Published

on

Photo: Istimewa

FINANCEROLL.COM, JAKARTA -- Bank of Tokyo Mitshubisi UFJ berencana untuk mengambil alih 40 persen saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Pengambilalihan saham tersebut akan dilakukan dengan membeli saham Danamon yang saat ini dimiliki oleh Holding BUMN Singapura, Temasek.

Adapun nilai akuisisinya, diperkirakan mencapai 200 miliar yen atau sekitar Rp23,7 triliun (kurs Rp118,5 per yen).

Dikutip dari Reuters, seorang sumber menyebutkan, BTMU berencana untuk merampungkan kesepatan awal pada tahun ini dan berharap dapat merampungkan pembelian pada April 2019 mendatang. Sumber tersebut menambahkan, BTMU bahkan ingin menjadi pemegang saham mayoritas Danamon nantinya jika bisa mendapat pesetujuan dari otoritas keuangan di Indonesia.

Perwakilan BTMU ketika dikonfirmasi menolak untuk berkomentar, sedangkan perwakilan Temasek juga belum bisa dikonfirmasi. Sementara itu, ketika dikonfirmasi, Bank Danamon mengaku tengah menyiapkan keterangan resmi terkait rencana tersebut.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiana mengaku, pihaknya hingga kini belum menerima permohonan izin dari BTMU terkait rencana akuisisi tersebut. Sesuai aturan, BTMU harus terlebih dahulu mengajukan izin kepada OJK dan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai pemegang saham pengendali (PSP) sebelum mengeksekusi pembelian saham tersebut.

"Mereka sejauh ini belum mengajukan rencana yang ke OJK," ujar Heru kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/11).

BTMU sendiri saat ini sudah memiliki bisnis di Indonesia dalam bentuk kantor cabang bank asing (KCBA). Kendati OJK saat ini sedang gencar mendorong konsolidasi perbankan, sesuai ketentuan, kepemilikan pada dua bank tidak wajib dikonsolidasikan jika salah satunya merupakan Kantor Cabang Bank Asing (KCBA).

"Nanti kami lihat (soal integrasi), jika mereka menyampaikan rencananya," terang Heru.

Saham Bank Danamon pada pagi ini dibuka di harga Rp5.000 per lembar saham, melonjak 150 poin dibandingkan harga penutupan kemarin. Adapun hingga pukul 10.40, harga saham bank Danamon melonjak 10,8 persen dari penutupan kemarin ke level Rp5.375 per lembar saham. (CNNINDONESIA.COM)

Dia adalah jurnaslis senior khusus di bidang polhukam dan ekonomi

Trending Business