Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$7,297.08
-2.08%
Ethereum (ETH)
$455.59
-2.22%
Bitcoin Cash (BCH)
$765.26
-6.29%
XRP (XRP)
$0.449957
-3.74%
Deposito dan Kredit BNI Dipastikan Belum Alami Kenaikan
Simpan Pinjam

Deposito dan Kredit BNI Dipastikan Belum Alami Kenaikan

Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta memastikan, saat ini PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) belum menaikkan suku bunga baik deposito maupun kredit.

“Masih dilakukan evaluasi keuntungan dan kerugian terkait kenaikan bunga,” kata Herry, dikutip Jumat (8/6/2018).

Direktur Manajemen Risiko BNI, Bob Tyasika Ananta mengatakan, keputusan kenaikan bunga kredit ini akan dilakukan dalam rapat Alco (liability management committee) dalam waktu dekat.

“Untuk sektor atau segmen kredit mana yang akan naik lebih dulu, ini masih dihitung,” kata Bob.

Terkait kenaikan bunga kredit menurut Bob ada beberapa hal yang mempengaruhi. Faktor pertama adalah terkait perjanjian kredit. Dalam perjanjian kredit ini ditentukan jangka waktu atau tenor jatuh tempo kredit.

Baca juga: LPS Tetapkan Kenaikan Bunga Penjaminan 0,25%

Kedua adalah faktor risiko. Kredit yang mempunyai risiko kredit yang tinggi biasanya mempunyai suku bunga yang lebih tinggi. Biasanya, jika Bank Indonesia (BI) mengumumkan kenaikan suku bunga acuan maka transmisinya ke suku bunga pasar memakan waktu satu sampai dua bulan.

Berdasarkan suku bunga dasar kredit (SBDK) BNI per Maret 2018, kredit korporasi dan ritel BNI masing-masing sudah satu digit yaitu 9,95%. Untuk bunga KPR dan non KPR masing-masing 10,5% dan 12,5%.

Leave a Comment