Lelang SUN Pertama 2018 Digelar Rabu (3/1/2018)

0 0 0

Bisnis.com, JAKARTA—Lelang pertama Surat Utang Negara tahun depan untuk memenuhi aim APBN 2018 akan digelar pada Rabu, 3 Januari 2018 mendatang.

Berdasarkan pengumuman resmi DJPPR Kementerian Keuangan, lelang pertama tahun depan akan dimulai dengan lelang Surat Utang Negara (SUN), bukan sukuk. Lelang kali ini akan melepas 5 seri SUN, terdiri atas 2 seri Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan 3 seri Obligasi Negara (ON).

Berikut profil kelima seri tersebut:

Target indikatif dari lelang SUN kali ini adalah senilai Rp17 triliun, dengan targetkan maksimal Rp25,5 triliun. Tanggal ssettlement adalah pada Jumat (5/1/2018) atau dua hari setelah lelang. SUN yang akan dilelang memiliki favoured per uni senilai Rp1 juta.

Penjualan SUN tersebut akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Lelang bersifat terbuka (open auction), menggunakan metode harga beragam (multiple price).

Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif (competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan. Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non-kompetitif (non-competitive bids) akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang (weighted normal yield) dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang.

Pada prinsipnya, semua pihak, baik financier individu maupun institusi, dapat menyampaikan penawaran pembelian (bids) dalam lelang.

Namun dalam pelaksanaannya, penyampaian penawaran pembelian harus melalui Peserta Lelang sebagaimana diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 43/PMK.08/2013 tentang Lelang Surat Utang Negara dalam mata Uang Rupiah dan valuta asing di pasar perdana domestik, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Keuangan 4/PMK.08/2017.

Peserta lelang SUN ini adalah sebagai berikut:

A Dealer Utama

  1. Citibank N.A.
  2. Deutsche Bank AG
  3. PT Bank HSBC Indonesia
  4. PT Bank Central Asia, Tbk.
  5. PT Bank Danamon Indonesia, Tbk.
  6. PT Bank Maybank Indonesia, Tbk.
  7. PT Bank Mandiri (Persero), Tbk.
  8. PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.
  9. PT Bank Panin, Tbk.
  10. PT. Bank OCBC NISP, Tbk
  11. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
  12. PT Bank Permata, Tbk.
  13. PT Bank CIMB Niaga Tbk.
  14. PT Bank ANZ Indonesia.
  15. Standard Chartered Bank
  16. PT. Bahana Securities
  17. PT. Danareksa Sekuritas
  18. PT. Mandiri Sekuritas
  19. PT. Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk

B. Lembaga Penjamin Simpanan

C. Bank Indonesia

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *