Realisasi Pajak : Kanwil DJP Jateng we Incar Rp25 Triliun

0 0 0

Bisnis.com, SEMARANG – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah we memperkirakan dapat mengumpulkan pajak Rp25 triliun lebih hingga akhir 2017.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah we (Kanwil DJP Jateng I) Irawan mengatkan hingga hari ini pihaknya telah merealisasikan penerimaanRp23,6 triliun.

Hingga tutup tahun diperkirakan masih terdapat penerimaan hingga Rp1,5 triliun yang dapat dipungut oleh pihaknya. Jumlah ini, kata dia masih lebih rendah Rp6 triliun dari aim yang ditetapkan yakni Rp31 triliun.

“Prognosa sekitar Rp25 triliun atau sekitar 82,4%,” kata Irawan di Semarang, Jumat (22/12/2017).

Lebih lanjut dia mengatakan capaian ini lebih rendah dibandingkan pengumpulan pajak 2016. Tahun lalu Kanwil Jateng we berhasil mengumpulkan Rp29 triliun. Akan tetapi dari jumlah itu terdapat hasil tax Amnesty Rp8 triliun.

“Kalau sekarang Rp23,6 triliun saja kami sudah tumbuh cukup bagus. Kalau sesuai prognosa kami tumbuh sekitar 20%,” katanya.

Irawan mengatakan sumber pertumbuhan terbesar berasal dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Sedangkan sektor yang menyumbangkan berasal dari tembakau, peningkatan PPN makanan dan minuman serta konsumsi.

“Artinya konsumsi kita bagus, khusus PPN tumbuh 23% di Kanwil Jateng I. Itu tinggi. PPN impor juga naik sekitar 10%,” katanya.

Related Posts

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *