Dompet Bitcoin El Salvador Menunjukkan Tanda Adopsi yang Kuat

  • Share
banner 468x60

Dompet Bitcoin (BTC) yang didukung pemerintah El Salvador telah mencapai kesuksesan yang signifikan dalam hal adopsi, menurut seorang eksekutif di pertukaran cryptocurrency di belakang dompet.

Dompet Chivo diluncurkan bersamaan dengan BTC menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador pada 7 September 2021. Platform resmi memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual Bitcoin, menawarkan layanan penyimpanan dan pertukaran mata uang kripto yang disediakan oleh platform perdagangan kripto Meksiko Bitso.

banner 336x280

Bitso pada dasarnya menyediakan teknologi back-end sehingga pemerintah El Salvador dapat membeli Bitcoin dan memastikan bahwa BTC dapat dikonversi ke dolar Amerika Serikat, kepala urusan perusahaan dan pengaturan Bitso Felipe Vallejo mengatakan kepada Cointelegraph pada hari Jumat.

“Sejak mulai bekerja dengan pemerintah pada bulan September, Bitso terus menyediakan likuiditas ke dompet Chivo,” kata Vallejo.

Dia menambahkan bahwa Bitso mulai beroperasi di El Salvador melalui Chivo dan saat ini hadir di negara tersebut hanya melalui platform tersebut. Namun, pertukaran aktif di Meksiko, Brasil, Argentina, dan Kolombia .

Menurut Vallejo, Chivo telah mencapai sukses besar dalam tujuh bulan setelah peluncurannya yang agak bergelombang , ketika dompet menghadapi masalah teknis dan bahkan offline.

“Melalui pekerjaan kami dengan Dompet Chivo, kami dapat melihat bagaimana sebagian besar populasi telah beralih menggunakan aplikasi untuk transaksi yang aman dan mudah,” kata Vallejo.

Dia merujuk pada sebuah studi oleh Biro Riset Ekonomi Nasional, yang menemukan bahwa 40% dari mereka yang mengunduh dompet Chivo terus menggunakannya setelah mereka menerima insentif dari pemerintah. Dia telah menyatakan:

“Kami percaya bahwa ini adalah tanda adopsi yang relatif kuat. Karena pendidikan tentang cryptocurrency dan kasus penggunaan sehari-hari meningkat di wilayah tersebut, lebih banyak pengguna akan tetap menggunakan aplikasi dengan pemahaman yang lebih dalam tentang teknologi dan peluang yang diciptakannya.”

Vallejo mengatakan bahwa 20% dari semua orang Salvador terus menggunakan dompet Chivo setelah menghabiskan bonus $30 gratis mereka di BTC. Ini harus dilihat sebagai “sinyal kuat dari peningkatan adopsi,” terutama jika dibandingkan dengan adopsi layanan keuangan tradisional di El Salvador. Menurut beberapa sumber, hanya 29% orang dewasa di El Salvador yang memiliki rekening bank pada 2017.

Eksekutif juga menekankan kekuatan adopsi Chivo dengan latar belakang pertukaran kripto lainnya. El Salvador, negara dengan 6,49 juta warga, memiliki 2,6 juta pengguna Chivo, kata Vallejo, menambahkan bahwa beberapa bursa global utama seperti Coinbase memiliki total 11,4 juta pengguna aktif pada Q4 2021.

Bitso dan Chivo berharap dapat meningkatkan tingkat adopsi dengan mendidik orang-orang tentang kripto dan blockchain.

“Hambatan utama untuk adopsi cryptocurrency, baik di Amerika Latin dan global, adalah pendidikan. Karena kami terus memberikan informasi dan alat kepada El Salvador untuk memahami dan memanfaatkan teknologi inovatif dengan sebaik-baiknya, kami mengantisipasi peningkatan tingkat adopsi,” kata Vallejo.

Dia menyebutkan bahwa Bitso juga telah terlibat dalam upaya pendidikan di Argentina, Chili, Kolombia, Meksiko, Peru dan Uruguay.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *